Cara Membuat Popcorn Gurih & Nikmat Ala Rumahan - Jos Bloko Cara Membuat Popcorn Gurih & Nikmat Ala Rumahan - Jos Bloko

Menu Masakan Nusantara

Cara Membuat Popcorn Gurih & Nikmat Ala Rumahan

Jagung merupakan salah satu tanaman pokok di indonesia setelah beras dan singkong. Sebelum indonesia merdeka, jagung pernah menjadi makanan pokok pengganti nasi. Kata nenekku, nasi jagung akan tambah nikmat jika dimakan dengan botok yuyu dan sayur bayam.

Cara membuat popcorn yang enak dan lezat
Selain dapat diolah menjadi nasi jagung, jagung juga bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan yang bisa membuat nilai tambah atau harga jual. Produk sederhana yang sering kita temukan di indonesia antara lain emping jagung, jagung bakar, grontol dan krapyak. Dan produk jagung yang tak kalah populer dan sangat disukai wisatawan mancanegara adalah popcorn.

Berbicara masalah popcorn, saya ingin menunjukkan pada sahabat bagaimana cara membuat popcorn ala rumahan tanpa menggunakan alat bantu pembuat popcorn. Peralatan dapur yang kita perlukan juga sering kita gunakan saat menggoreng tahu, tempe dan lele. Yups, kita hanya butuh wajan goreng berukuran besar, tutup priok dan kompor gas.

Setelah semua alat-alat dapaur yang kita butuhkan tersedia, kita tinggal mencari jagung yang akan kita buat popcorn. Dalam hal ini kita bisa membelinya di supermarket atau pada para petani jagung. Tingkat kekeringan jagung akan sangat menentukan bagus tidaknya popcorn yang akan terbentuk. Untuk itu pilihlah jagung super yang bener-bener kering.

Tibalah saatnya saya menunjukkan pada kalian cara membuat popcorn yang enak dan nikmat:
1. Letakkan wajan goreng diatas kompor gas
2. Masukkan minyak goreng sebanyak setengah wajan
3. Nyalakan kompor sampai minyak goreng bener-bener panas
4. Masukkan jagung super secukupnya saja (jagung harus tenggelam dalam minyak goreng)
5. Setelah jagung dimasukkan, dengan segera tutup wajan dengan tutup priok
6. Jika jagung super yang kita goreng bener-bener kering, maka akan terdengar ledakan berkali-kali saat terbentuknya popcorn.
7. Jika sudah tidak terdengar ledakan, buka tutup priok dan angkat jagung super yang telah menjadi popcorn.

Karena hanya menggunakan alat seadanya, jadi jangan heran kalau masih ada yang nggak jadi popcorn melainkan jagung goreng biasa. Tapi saya yakin jumlah yang terbentuk popcorn jauh lebih banyak daripada yang tidak jadi asalkan jagung yang anda goreng bener-bener kering dan berkualitas.

Selamat mencoba ya sahabat !!!
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

KAMU BISA...!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk menyemangati diri sendiri
2 Komentar untuk "Cara Membuat Popcorn Gurih & Nikmat Ala Rumahan"

Kalau bisa membuat popcorn sendiri dirumah dengan jumlah banyak dan bisa dinikmati dengan seluruh keluarga, kenapa harus beli?

Saya bikin popcorn pake oven aja gosong terus mas, pake penggorengan apalagi. Nanti bukannya saya makan popcorn malah jadinya dedak buat makanan ayam.

Masakan nusantara memang enak dan menggoda :-)

Back To Top