Resep Dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Kremes Yang Enak, Gurih & Renyah - Jos Bloko Resep Dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Kremes Yang Enak, Gurih & Renyah - Jos Bloko

Menu Masakan Nusantara

Resep Dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Kremes Yang Enak, Gurih & Renyah

Ikan lele goreng tepung kremes yang enak dan gurih merupakan hidangan lezat yang mampu menggugah selera. Kulliner ikan lele goreng crispy ini sangat nikmat jika disantap dengan sambel lamongan yang extra pedas. Jika sahabat enggan membuat sambel lamongan sendiri di rumah, sahabat bisa mengajak keluarga anda makan di warung lamongan yang menyajikan menu ikan lele goreng garing lengkap dengan sambal lamongan.

Setelah lama berkeliling nusantara sambil berwisata kulliner, rupanya tak hanya warung lamongan saja yang menjadikan ikan lele goreng kriuk sebagai menu andalan. Rumah makan padang ternyata juga menyediakan lauk ikan lele goreng kering yang memiliki citarasa yang tak kalah sedap. Jika di warung lamongan menggunakan sambel lamongan sebagai pelengkap, lain ceritanya jika anda berada di rumah makan padang. Anda tidak akan menjumpai sambel lamongan melainkan sambel cabe hijau yang lumayan pedas. Meskipun cara penyajiannya berbeda, rasa ikan lele goreng cabe hijau yang dihidangkan tak kalah mantap dengan masakan ikan lele pada umumnya.

Mencicipi kuliner nusantara memang menyenangkan jika dilakukan sambil liburan. Namun membuat masakan sendiri di rumah yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga jauh lebih seru dan menyenangkan daripada bepergian yang menghabiskan banyak biaya. Jika sahabat tertarik memasak sendiri di rumah, Jos Bloko dengan senang hati akan membocorkan resep dan cara membuat ikan lele goreng yang renyah, gurih, crispy, garing dan enak.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan lele goreng sederhana yang kriuk dan gurih adalah sebagai berikut:

1. 4 ekor ikan lele ukuran sedang
2. 1/2 sendok teh garam
3. 2 sendok makan air jeruk nipis
4. Minyak goreng secukupnya

Bumbu ikan yang dihaluskan yaitu:

1. 1 siung bawang putih
2. 1 sendok makan ketumbar
3. 1/2 sendok makan garam
4. 2 cm kunyit

Sedangkan bahan untuk membuat sambal tomat extra pedas sebagai berikut:

1. 5 buah cabai merah ukuran besar, goreng
2. 1 sendok teh air jeruk nipis
3. 4 buah kemiri, goreng
4. 2 buah tomat segar, goreng
5. 4 siung bawang putih, goreng
6. 10 buah cabe rawit kuning dan hijau, goreng
7. 2 siung bawang merah, goreng
8. 1 sendok teh garam

Setelah bahan dan bumbu disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengolah ikan lele menjadi makanan lezat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bagi sahabat yang baru pertama kali mengolah ikan lele, ada baiknya mengikuti tutorial cara membuat ikan lele goreng bumbu kunyit sebagai berikut:

1. Bersihkan ikan lele dengan membuang isi perut dan insang.
2. Lumuri ikan lele dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan lendir dan bau amis ikan.
3. Bilas ikan lele yang telah dilumuri air jeruk nipis dengan air bersih.
4. Lumuri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan kemudian diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.
5. Panaskan minyak goreng
6. Masukkan ikan lele yang telah di bumbui ke dalam wajan penggorengan hingga ikan kering dan berwarna keemasan.
7. Angkat ikan lele yan telah matang dan sajikan dengan sambal goreng yang telah dihaluskan

Jika tutorial singkat cara mengolah ikan lele ini tidak begitu jelas, sahabat bisa menonton video tutorial cara mengolah ikan lele dari mulai pembersihan sampai proses pemasakan sebagai berikut. Silahkan tekan tombol play untuk memainkannya.


Demikianlah Resep Rahasia Cara Membuat Ikan Lele Goreng Padang yang bisa saya sajikan untuk anda. Jika tulisan ini bermanfaat, jangan segan-segan share artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang merasakan manfaatnya.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

KAMU BISA...!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk menyemangati diri sendiri
3 Komentar untuk "Resep Dan Cara Membuat Ikan Lele Goreng Tepung Kremes Yang Enak, Gurih & Renyah"

Masakan nusantara memang enak dan menggoda :-)

Back To Top