Cara Membuat Keripik Tempe Crispy, Pedas, Renyah & Tahan Lama - Jos Bloko Cara Membuat Keripik Tempe Crispy, Pedas, Renyah & Tahan Lama - Jos Bloko

Menu Masakan Nusantara

Cara Membuat Keripik Tempe Crispy, Pedas, Renyah & Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Tempe - Pada postingan sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara membuat susu kedelai yang lezat dan bergizi. Pada kesempatan kali ini saya juga akan membahas makanan yang bahan bakunya juga terbuat dari kacang kedelai. Makanan ini selain bisa dijadikan sebagai cemilan juga bisa dijadikan sebagai lauk-pauk tatkala harga sembako melambung tinggi. Inilah salah satu kelebihan makanan yang bernama Kripik Tempe.

Kacang kedelai sebenernya bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak dan memiliki kandungan gizi yang tinggi. Beberapa contoh diantaranya kita bisa mengolahnya menjadi aneka macam gorengan, tempe penyet, tempe bacem, mendoan, sayur lodeh dan aneka masakan lainnya. Namun pada bahasan kali ini saya hanya akan membocorkan resep bagaimana cara membuat kripik tempe sederhana yang renyah dan tahan lama. Kripik tempe yang akan saya paparkan kali ini juga bisa dijadikan keripik tempe aneka rasa dengan cara menambahkan abon atau taburan bumbu ke dalamnya.

Sebenernya rahasia utama kerenyahan kripik tempe terletak pada teknik pengirisan dan penggorengannya. Tempe yang diiris tipis sudah pasti akan terasa renyah jika digoreng dengan minyak goreng bersuhu tinggi. Permasalahannya ialah tempe yang digoreng rata-rata hancur dan terlihat tidak menarik. Teknik inilah yang sebenernya dirahasiakan oleh para produsen tempe di indonesia.

Kabar baiknya saya telah mengetahui rahasianya dan akan membeberkan kepada anda tentang Resep Lengkap Cara Membuat Keripik Tempe yang renyah dan gurih ini. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cemilan ini juga mudah kita temukan di swalayan maupun pasar tradisional. Harganya juga sangat murah dan relatif terjangkau di kalangan masyarakat indonesia.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik tempe aneka rasa yang renyah:

1. Tempe kedelai
2. 300 gram tepung beras
3. 150 gram tepung tapioka
4. 1 butir telur ayam
5. 500 gram air
6. Minyak goreng secukupnya

Adapun bumbu yang dihaluskan untuk membuat keripik tempe pedas dan renyah sebagai berikut:

1. 10 gram ketumbar
2. 50 gram kemiri
3. 8 gram garam
4. 50 gram bawang putih
5. 5 gram daun jeruk

Dan berikut langkah-langkah atau proses pembuatan kripik tempe yang renyah dan gurih:

1. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, telur ayam dan bumbu halus hingga tercampur merata
2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur merata
3. Iris tempe dengan ketebalan 0,5 mm - 1 mm
4. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang
5. Celupkan lembar demi lembar irisan tempe ke dalam adonan kemudian goreng hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan
6. Angkat dan tiriskan

Jika tutorial diatas masih kurang jelas, sahabat bisa melihat video tuorial yang telah saya siapkan berikut. Dalam video tersebut, saya akan menunjukkan kepada anda sebuah alat sederhana yang bisa kita pakai untuk mengiris tempe dengan ketebalan sesuai yang kita inginkan.


Demikianlah informasi singkat tentang cara membuat kripik tempe balado yang bisa saya bagikan untuk anda. Jika artikel ini bermanfaat, jangan segan-segan untuk berkomentar atau membagikannya ke situs jejaring sosial milik anda seperti facebook dan twitter.
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

KAMU BISA...!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk menyemangati diri sendiri
2 Komentar untuk "Cara Membuat Keripik Tempe Crispy, Pedas, Renyah & Tahan Lama"

Masakan nusantara memang enak dan menggoda :-)

Back To Top