Cara Meracik Kopi Dengan Metode French Press Yang Baik Dan Benar Ala Barista Kopi - Jos Bloko Cara Meracik Kopi Dengan Metode French Press Yang Baik Dan Benar Ala Barista Kopi - Jos Bloko

Menu Masakan Nusantara

Cara Meracik Kopi Dengan Metode French Press Yang Baik Dan Benar Ala Barista Kopi

Cara Yang Benar Menggunakan French Press - Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari di Indonesia maupun mancanegara. Minuman ini mengandung banyak kafein yang berguna mempercepat kerja jantung. Mengkonsumsi atau minum kopi dengan takaran yang pas justru sangat dianjurkan karena kafein yang terkandung dalam bubuk kopi berguna bagi kinerja jantung. Kopi dengan citarasa yang khas dengan harga yang sangat mahal ialah kopi luwak dan kopi luwak lanang.

Metode pengolahannya pun bervariasi. Ada yang diolah dan diracik secara tradisional, namun ada juga yang diseduh secara modern seperti siphon, vietnam drip dan french press. Teknik French Press bukanlah hal yang baru dalam dunia kopi khususnya para barista kopi. Berbeda dengan teknik lainnya yang kebanyakan menggunakan filter, metode french press hadir dengan kesederhanaan yang justru makin membuatnya memikat dan tak lekang oleh zaman.

Aroma kopi yang dihasilkan teknik ini sangat kuat, kaya rasa, lembut dan sedikit oily. Yang jelas kopi yang dibuat dengan cara ini tak kalah nikmat jika dibandingkan dengan metode lain yang sudah lebih dulu ada. Untuk mendapatkan citarasa yang khas dan nikmat, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat meraciknya. Langkah-langkahnya bisa sahabat ikuti secara seksama dibawah ini.

1. Gunakan air yang baik
Pastikan air yang akan digunakan untuk menyeduh kopi dengan teknik french press tidak terkontaminasi dengan zat lain atau rasa lain. Asap rokok sekalipun sangat dilarang saat proses pembuatan kopi french press ala cafe ini.

2. Gunakan kopi yang masih segar dan baru
Kopi yang masih segar akan memberikan kesegaran tersendiri yang tidak akan kamu dapatkan pada kopi yang sudah lama. Kopi segar yang baru di sangrai sangat dianjurkan sekali karena akan mempengaruhi rasa saat diseduh.

3. Giling Biji Kopi Saat Hendak Diseduh
Untuk mendapatkan citarasa kopi yang benar-benar nikmat, para barista kopi selalu menggiling kopi yang baru disangrai saat hendak disajikan kepada pelanggan. Kopi yang baru digiling dan langsung diseduh akan menghasilkan kopi yang benar-benar mantap dan oily.

4. Jangan Ikuti Standar Ukuran French Press
Untuk pemula disarankan untuk menggunakan ukuran standar. Namun bagi penikmat kopi yang sudah lama, tidak menjadi masalah untuk membuat takarannya sendiri untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Rasa merupakan selera personal anda sendiri. 20 gram kopi dengan 8 ons air merupakan ukuran yang pas untuk pemula.

5. Gunakan air dengan suhu yang tepat
Air yang terlalu panas akan menghasilkan rasa pahit yang tak seharusnya. Sedangkan air yang kurang panas tidak akan menciptakan rasa yang diinginkan sebagaimana kopi pada umumnya. Oleh sebab itulah diperlukan suhu yang benar-benar pas untuk menghasilkan citarasa dan aroma kopi yang benar-benar mantap. Suhu yang pas untuk pembuatan kopi dengan metode french press adalah 94 derajat celcius. Buat temen-temen yang nggak mau repot dengan thermometer bisa menyiasatinya dengan cara merebus air hingga mendidih kemudian mendiamkannya selama 30 detik kemudian menyeduhnya dengan bubuk kopi.

6. Seduh Kopimu Sendiri
Agar didapatkan sari kopi yang maksimal, letakkan bubuk kopi yang baru digiling ke dalam dasar french press kemudian tuangkan sepertiga air diatasnya. Diamkan kopi dan air selama 30 detik lalu aduk secara perlahan. Pastikan air yang kamu gunakan dimasak secara sempurna untuk mendapatkan kenikmatan yang luar biasa. Setelah itu tuangkan air sisanya dan biarkan proses brewing dimulai.

7. Ketepatan Waktu
Ketepatan waktu sangat dibutuhkan dalam pembuatan kopi dengan metode french press. Proses brewing yang terlalu singkat akan membuat kopi menjadi asam dan tipis. Sedangkan proses brewing yang terlalu lama akan berakhir pahit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya biarkan kopi kamu berada dalam french press selama 4 menit sebelum kamu nikmati.

8. Hati-Hati Dalam Menekan
Setelaj proses brewing selesai, tekan tuas plunger dengan pelan namun tegas dan hati-hati. Tekanan yang terlalu keras akan menyebabkan kopi menyemprot keluar. Kehati-hatian sangat diperlukan dalam proses ini.

9. Nikmati Kopimu
Setelah proses penekanan selesai, tuangkan kopimu dalam cangkir kopi dan nikmatilah.

Buat temen-temen yang ingin mengetahui secara lebih detail tentang cara membuat kopi dengan metode french press ala barista kopi ini, silahkan tonton video tutorial dibawah ini dengan cara menekan tombol play yang muncul di layar.


Demikianlah tutorial singkat yang bisa saya sampaikan untuk anda terkait Cara Menyeduh Kopi Dengan Teknik French Press. Semoga video tutorial ini bermanfaat dan berguna khususnya para pecinta kopi yang ada di nusantara. Jika anda tidak suka kopi, anda mungkin perlu mencoba minuman lainnya yang nggak kalah nikmat seperti Resep Jus Tomat Segar Untuk Diet Sehat
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

KAMU BISA...!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk menyemangati diri sendiri
1 Komentar untuk "Cara Meracik Kopi Dengan Metode French Press Yang Baik Dan Benar Ala Barista Kopi"

Kopi memang sangat enak terlebih saat diminum di pagi hari

Masakan nusantara memang enak dan menggoda :-)

Back To Top