Cara Membuat Espresso Coffee Ala Barista Kopi - Jos Bloko Cara Membuat Espresso Coffee Ala Barista Kopi - Jos Bloko

Menu Masakan Nusantara

Cara Membuat Espresso Coffee Ala Barista Kopi

Cara Meracik Kopi Espresso Yang Baik Dan Benar - Minuman kopi yang usianya sudah lebih dari 100 tahun semenjak dipatenkan oleh Angelo Moriondo pada Tahun 1884 ini masih digemari hingga saat ini. Pembuatan espresso coffee ini dibutuhkan ketepatan yang begitu rinci untuk mendapatkan citarasa yang khas. Meskipun terbilang klasik, kopi espresso ini memiliki chemistry tersendiri sehingga selalu disukai dan dicari.

Dewasa ini sudah banyak mesin pembuat kopi espresso yang dijual bebas di pasaran. Hal ini tentu memudahkan kita-kita yang ingin membuat kopi espresso sendiri di rumah. Meskipun cara mengoperasikan espresso machine sangat mudah, ada faktor penting yang harus diperhatikan saat menyeduh kopi espresso agar tercipta hasil yang sempurna. Bagian tersebut mencakup hal-hal dasar yang perlu disiapkan diantaranya:

1. Air Yang Baik
Sama halnya dengan membuat French Press Coffee, air juga merupakan elemen penting dalam proses menyeduh kopi espresso. Air yang baik akan menciptakan citarasa yang baik pula. Air yang didalamnya terdapat banyak zat kapur akan menghasilkan endapan yang dapat mempengaruhi rasa. Oleh sebab itu sangat penting bagi Barista Kopi untuk mempelajari kualitas air yang akan digunakan.

2. Gilingan
Berbeda dengan metode lainnya, espresso koffie membutuhkan level gilingan yang lebih halus dari kebanyakan. Level kehalusan bubuk kopi espresso setara dengan garam dapur dan bisa dikenali dengan cara melihat gumpalan-gumpalan yang terlihat. Gumpalan-gumpalan yang terlihat menunjukkan kehalusan yang maksimal.

3. Takaran
Sama seperti membuat Jus Tomat Untuk Diet Sehat, pembuatan kopi espresso juga membutuhkan takaran yang pas. Standarnya kita menggunakan 18 sampai 21 gram bubuk kopi untuk secangkir kopi. Namun buat anda para pecinta kopi, anda bisa menggunakan takaran yang lebih untuk menghasilkan rasa yang kuat baik body dan intensitasnya.

4. Tamping
Memadatkan bubuk kopi menggunakan tamper akan membatasi air yang mengalir masuk ke dalam bubuk kopi tersebut. Hal ini akan memaksa bubuk kopi dan air terekstrasi lebih padat. Tamping inilah yang memegang peranan penting dalam meracik kopi dengan metode espresso. Semakin kuat mesin espresso, maka semakin kuat pula hasil ekstraksi bubuk kopi dan air.

5. Suhu
Suhu ideal dalam pembuatan kopi ialah 90°-96°C. Suhu yang lebih rendah akan menghasilkan lebih banyak brightness dan rasa yang lebih ringan. Sedangkan suhu yang tinggi akan membuat karakter kopi lebih roasty dan intens.

6. Hasil Akhir
Ada dua faktor yang cukup essensial dalam pembuatan kopi espresso yaitu coffee input dan beverage input. Jika secangkir kopi yang dihasilkan beratnta sekitar 30 gram, maka itu adalah hasil akhir yang idel dari espresso koffie.

7. Durasi Waktu
Durasi yang baik dalam pembuatan espresso coffee ialah selama 25-30 detik. Dari tahap ekstraksi awal sampai gelas terisi penuh.

Buat temen-temen yang ingin menyeduh kopi espresso sendiri di rumah, silahkan menonton video tutorial dibawah ini dengan cara menekan tombol play yang muncul di layar.


Demikianlah informasi singkat yang bisa saya sampaikan terkait cara menyeduh espresso coffee ala barista kopi. Semoga seni meracik kopi ini menambah wawasan kepada anda terutama para pecinta kopi yang tinggal di Indonesia. Tak lengkap rasanya jika minum kopi tidak ditemani dengan makan bakpao yang enak dan lezat. Buat sahabat yang ingin membuat bakpao sendiri di rumah bisa meluncur ke artikel saya yang berjudul Resep Bakpao Aneka Rasa Yang Lezat Dan Enak
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

KAMU BISA...!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk menyemangati diri sendiri
1 Komentar untuk "Cara Membuat Espresso Coffee Ala Barista Kopi"

Cara Membuat Espresso Kopi Ternyata Unik Dan Seru

Masakan nusantara memang enak dan menggoda :-)

Back To Top