Resep dan Tips Cara Membuat Nasi Putih Yang Enak - Jos Bloko Resep dan Tips Cara Membuat Nasi Putih Yang Enak - Jos Bloko

Menu Masakan Nusantara

Resep dan Tips Cara Membuat Nasi Putih Yang Enak

Cara Memasak Nasi Agar Pulen Dan Enak - Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia. Meskipun masih ada makanan pokok lainnya seperti sagu, singkong dan jagung, nasi masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Entah itu yang tinggal di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan pulau-pulau lainnya.

Untuk membuat nasi terasa enak, kita harus pandai dalam mengolahnya. Cara memasak nasi agar enak sebenarnya sangat mudah sekali. Yang dibutuhkan ialah komposisi yang tepat antara air dan beras yang akan dimasak serta besarnya nyala api yang digunakan. Selain itu wadah atau panci yang dipakai untuk memasak ternyata juga sangat mempengaruhi citarasa yang dihasilkan terlepas dari kualitas berasa yang kita gunakan.



Sebelum membahas langkah-langkah atau proses memasak nasi yang benar agar pulen, saya akan memberikan informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat nasi bagi tubuh bagi kelangsungan hidup umat manusia. Dengan mengetahui manfaatnya, maka kita akan lebih mudah membuat makanan pokok yang kita sukai.

Manfaat Nasi Bagi Tubuh


1. Sumber Energi Manusia
Nasi merupakan sumber energi bagi Manusia. Misalkan kita tidak mempunyai sebuah energi yang cukup untuk aktifitas sehari-hari, pasti kita akan merasa lemas dan lesu. Nenek moyang kitalah yang menemukan nasi sebagai makanan yang bisa menambah energi yang hilang setelah melakukan kegiatan yang menguras tenaga. Energi yang dihasilkan oleh nasi bersumber dari karbohidrat yang ada di dalamnya.

2. Mencegah kanker
Selain menambah energi, nasi ternyata juga bisa digunakan sebagai obat kanker. Hal ini dikarenakan serat insoluble yang terdapat dalam nasi mampu mengurangi resiko terjadinya kanker dalam tubuh manusia.

3. Kaya akan vitamin yang bermanfaat  bagi tubuh
Selain kaya akan manfaat, nasi ternyata juga mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, zat besi, serat, riboflavin, thiamine, vitamin D dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Baik untuk perkembangan dan ketahanan gizi gigi kita
Jika ada anak kecil yang giginya ompong, saran dari saya adalah menganjurkan untuk makan nasi putih sebanyak-banyaknya. Dengan memakan nasi putih yang banyak, maka kalsium yang ada dalam nasi putih mampu membuat pertumbuhan dan perkembangan gigi manusia menjadi lebih baik.

5. Sebagai obat disentri
Selain manfaat yang sudah saya sebutkan di atas, nasi ternyata masih memiliki manfaat yang luar biasa yaitu bisa mengobati penyakit disentri. Hal ini karena di dalam nasi terdapat zat yang bernama diuretic properties. Zat tersebut ada dalam padi yang berusia 3 bulan.

Setelah mengetahui manfaatnya, maka tibalah saatnya saya menunjukkan kepada anda bagaimana cara memasak nasi yang baik dan benar supaya nasi yang dihasilkan pulen dan enak.

Cara Memasak Nasi Agar Enak


Bahan nasi putih:
  • 1 liter beras yang berkualitas bagus
  • 1 liter air bersih
  • Umumnya perbandingan beras dan air adalah 1:1

Cara memasak nasi putih tradisional yang enak dengan panci:

  1. Bersihkan beras yang sudah kita siapkan dengan air bersih
  2. Setelah itu masukkan ke dalam panci untuk memasak
  3. Kemudian tambahkan air ke dalam panci sebanyak takaran beras yang akan kita masak
  4. Rebus semuanya sampai mendidih, kemudian diaduk pelan-pelan
  5. Setelah nasinya "Aorn", langkah selanjutnya adalah mengecilkan apinya selama lebih kurang 5 menit
  6. Setelah matang, matikan apinya dan tunggu 10 menit
  7. Nasi putih siap disajikan dan siap disantap
Baca Juga : Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Pakai Telor
Nah itulah beberapa tips dan cara memasak nasi yang bisa saya bagikan untuk anda terkait cara menanak nasi dengan metode tradisional. Selain metode diatas, ternyata masih ada metode lain yang nggak kalah amazing meskipun menggunakan peralatan modern seperti rice cooker. Nasi yang dihasilkan juga pulen dan enak. Penasaran bagaimana caranya? Jika penasaran, yuk kita simak prosesnya dibawah ini dengan seksama.

Resep nasi putih dengan rice cooker


Cara memasak nasi putih dengan rice cooker:

  1. Siapkan beras yang akan kita masak
  2. Masukkan ke dalam wadah kemudian cuci sampai bersih
  3. Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam panci rice cooker
  4. Tambahkan air dingin sebanyak takaran beras yang akan kita masak
  5. Kemudian masukkan dalam mesin rice cooker
  6. Tekan tombol rice cookernya ke arah cooking ( memasak )
  7. Tunggu hingga tombolnya menjadi warm secara otomatis
  8. Umumnya waktu yang dibutuhkan 15 - 20 menit
  9. Setelah berada di tombol warm, buka penutup rice cooker kemudian aduk-aduk agar tidak keras
  10. Tutup kembali rice cookernya dan tunggu hingga 5 menit agar airnya terserap sempurna
  11. Nasi putih siap disajikan dan disantap
Demikianlah Resep dan Tips Cara Membuat Nasi Putih Yang Enak yang bisa kita bahas pada episode kali ini. Semoga artikel resep masakan ini bermanfaat buat semuanya sehingga kita dapat mengolah nasi putih menjadi lebih sehat dan higienis tentunya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan happy cooking ya sahabat :-)
SHARE :

Cara Unik Masak Mie Instan

KAMU BISA...!!! - Kata itulah yang sering saya ucapkan untuk menyemangati diri sendiri
2 Komentar untuk "Resep dan Tips Cara Membuat Nasi Putih Yang Enak"

Cara memasak nasi putih ternyata agar pulen ternyata gampang banget ya

Masakan nusantara memang enak dan menggoda :-)

Back To Top